Mobil Tua Tenaga Kuda dengan Mesin V8

23 July 2021

Bagikan

WA
link

Mobil tua identik dengan mobil yang lamban, dan sering mogok. Namun berbeda jika nantinya mobil tua menggunakan mesin V8 yang terkenal dengan mesin tenaga besar yang biasanya digunakan untuk balapan.

Mesin V8 ini mesin yang menggunakan konfigurasi V dengan jumlah 8 silinder yang dipasang di bak mesin pada setiap 2 cabangnya masing-masing terdapat 4 silinder. Sama seperti mesin lainya, kedelapan pistonnya menjalankan crankshaft biasa. Pada ke dua cabangnya dipasang dengan bentuk yang istimewa untuk tersambung satu dengan yang lain tetapi ada beberapa yang dipasang dengan sudut lancip.

Sejarah Mesin V8

Mesin intake V8. (Kuno ID)

Mesin V ini dibuat pertama kali oleh Gottlieb Daimler pada 1889. Konfigurasi mesin V mengalami perkembangan cukup pesat dari hanya V-twin, kemudian mesin V4, V6, V8, dan yang terbaru ada mesin V12. Penamaan mesin V mengikuti jumlah silinder yang dipasang, memiliki tenaga lebih besar dibanding V6, dan lebih terjangkau dari mesin V12.

Mesin V8 dipatenkan oleh Leon Levavasseur pada tahun 1902. Kemudian pada tahun 1904 konfigurasi mesin V8 mulai dikenal dan populer di Perancis. Pada saat itu mesin V8 banyak digunakan pada mesin pesawat, meskipun digunakan pada mobil tapi jumlahnya masih sedikit.

Mesin V8. (Kuno ID)

Rolls-Royce membuat sebuah mobil bermesin V8 bernama Rolls-Royce V8 dengan kapasitas mesin 3535 cc dari tahun 1905 sampai 1906, tetapi hanya 3 mobil yang dibuat dan kemudian mereka mengubahnya menjadi 6 segaris. De Dion-Bouton memperkenalkan mobil bermesin V8 berkapasitas 7773 cc tahun 1910 dan memajangnya di New York tahun 1912. Mesin ini diproduksi dalam jumlah sedikit, tetapi telah menginspirasi pabrikan Amerika lainnya untuk mengikutinya.

Mobil massal pertama dengan mesin V8 di Amerika Serikat diperkenalkan oleh Cadillac (divisi General Motors) tahun 1914. Mereka berhasil menjual 13.000 unitmobil bermesin 5429 cc pada tahun pertama produksi. Oldsmobile, divisi lain General Motors, memiliki mesin V8 sendiri berkapasitas 4000 cc tahun 1916. Chevrolet juga memiliki mesin V8 sendiri tahun 1917, tetapi setelah bergabung ke General Motors tahun 1918 mereka berhenti membuat mesin V8 untuk berkonsentrasi ke mobil-mobil yang lebih kecil.

Keunggulan dan Kekurangan Mesin V8

Continue Reading

Bookmark

Comments

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.